Sabtu, 31 Oktober 2015

Makalah Al-Islam Kemuhammadiyahan

Sebagai Mahasiswi di Universitas Muhammadiyah, mata kuliah Al-Islam Kemuhammadiyahan adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus saya ambil. Di postingan ini, saya ingin membagikan makalah yang saya susun, saya juga memperoleh materinya dari internet dan buku, tapi saya edit-edit lagi karena kebutuhan materinya (saya sertakan daftar pustakanya). Ada beberapa materi yang akan saya bagikan.

1. Permurnian dan Pembaharuan di Dunia Islam. ( Download : Klik di sini )
Subbab:
  • Kemajuan peradaban islam dalam berbagai bidang 
  • Sebab-sebab kemunduran pembaharuan di dunia islam 
  • Perlunya pemurnian dan pembaharuan di dunia islam 
  • Tokoh-tokoh pembaharu dunia islam

2. Dakwah Islam di Nusantara dan asal-usul Muhammadiyah. ( Download : Klik di sini )
Subbab:
  • Teori masuknya Islam di Nusantara
  • Proses perkembangan Islam di nusantara
  • Corak Islam di nusantara
  • Kedatangan dan penjajahan bangsa barat di nusantara

3. Sejarah Muhammadiyah. ( Download : Klik di sini )
Subbab:
  • Faktor obyektif (kondisi sosial dan keagamaan bangsa Indonesia pada zaman kolonial)
  • Faktor subyektif(keprihatinan dan keterpanggilan KH.A.Dahlan terhadap umat dan bangsa)
  • Profil KH.A.Dahlan
  • Pemikiran-pemikiran KH.A.Dahlan tentang Islam dan umatnya

4. Matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah. ( Download : Klik di sini )
Subbab:
  • Cita-cita Muhammadiyah
  • Islam dalam keyakinan Muhammadiyah
  • Pemikiran & gerakan Muhammadiyah dalam bidang akidah, ibadah, akhlak, dan muamalah duniawiyah
5. Mukadimah AD dan ART Muhammadiyah. ( Download : Klik di sini )
Subbab:
  • Mukadimah AD
  • Identitas dan asas Muhammadiyah
  • Keanggotaan Muhammadiyah
  • Keorganisasian Muhammadiyah


Mungkin ini akan terus bertambah, masalah waktu saja (ceileh xD)
Ohya, cara downloadnya seperti biasa ya :) klik salah satu bab yang diinginkan, tunggu 5 detik, klik "Skip" dan langsung terdownload :)

2 komentar: